Usia Lanjut Benarkah Sulit Untuk Diet ?

 

Epicuae.com – Tidak hanya bagi anak remaja yang mengalami obesitas, tetapi justru lebih banyak orang yang sudah lansia yang mengalami obesitas. Merakapun berlomba-lomba untuk memperoleh berat yang ideal dengan melakukan diet dan olahraga.

Menurut dr. Medha Munshi beberapa faktor dapat menurunkan berat badan, namun dengan bertambahnya usia akan lebih sulit untuk mengurangi berat badan. Bagi mereka yang masih aktif pun akan kehilangan massa otot setiap sepuluh tahun sejak umur 30 tahun.

“Penelitian menunjukkan hilangnya massa otot akan digantikan dengan lemak. Nah, otot menggunakan lebih banyak kalori dibanding lemak sehingga otot yang berkurang membuat metabolisme lebih lambat dan kebutuhan kalori pun lebih sedikit,” ujar dr. Medha.

Pada saat usia 50-an para wanita mengalami kurangnya kadar hormon estrogen dan testosteron yang dapat memicu sulitnya program diet untuk mengurangi berat badan. Perubahan berat badan bagi usia 50-an akan mempengaruhi metabolisme tubuh.

Dr Leslie Cho menjelaskan lansia yang berumur 60 tahun dengan berat badan 90kg yang sebelumnya memiliki berat badan 130 kg cenderung memerlukan sedikit kalori perharinya dari pada orang yang berat badannya sama tapi tanpa penurunan berat badan.

“Anda perlu makan lebih sedikit untuk mempertahankan bobot jika bobot Anda terlalu berat,” kata Dr. Leslie.

Dr Leslie menyarankan bagi lansia lebih baik menjaga kesehatan tubuh dari pada berusaha untuk menurunkan berat badan. “Ini bukan soal menurunkan bobot, tapi menjaga berat badan dan penerapan pola hidup serta pola makan yang sehat,” ujarnya.

Bagi usia yang sudah lanjut lebih baik berkonsultasi dengan dokter jika hendak menjalani penurunan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *