Berikan Waktu Tidur Yang Cukup Supaya Wajah Tetap Segar !

 

Epicuae.com – Kurang tidur merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang terlebih bagi penderita insomnia. Kurang tidur ini tidak hanya dapat mengganggu kesehatan tubuh juga dapat mengganggu kesehatan kulit dan wajah. Ada sebuah penelitian yang meneliti kelompok yang memiliki waktu tidur yang cukup dengan kelompok yang kurang waktu tidurnya terlihat perbedaanya pada wajah mereka.

Kelompok yang tidur dengan waktu yang cukup memiliki wajah yang lebih segar dibandingkan mereka yang kekurangan tidur. Kelompok yang kekurangan tidur terlihat lesu dan loyo. Ini menandakan tidur yang cukup sangat mempengaruhi aktivitas dikeesokan harinya. Waktu tidur yang normal sekitar 7-8 jam dalam semalam.

Berikut ini beberapa perubahan yang terjadi apabila kekurangan waktu tidur :

1. Menimbulkan kantung mata besar

Semakin kurang waktu tidur akan semakin memperlihatkan pembuluh darah yang ada di bawah mata. Sehingga kantung mata akan membesar dan bahkan menghitam. Hal ini terjadi juga apabila kelelahan.

2. Menimbulkan jerawat di wajah

Orang yang kurang tidur akan merasakan stres, stres ini akan memicu peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Peningkatan hormon kortisol ini dapat memicu pembentukan minyak di wajah semakin meningkat. Selain itu, hormon kortisol juga dapat memicu terjadinya inflamasi atau peradangan pada kulit. Hal inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat ketika orang mengalami kurang tidur.

3. Membuat wajah terlihat kusam

Hormon kortisol yang meningkat dapat mempengaruhi kolagen dan asam hyaluronic yang berfungsi untuk menjaga kecerahan kulit. Kekurangan asam hyaluronic akan menyebabkan kulit semakin kusam dan apabila kekurangan kolagen maka kulit tidak mampu mempertahankan kekencangannya.

4. Membuat wajah nampak lebih tua

Beberapa penelitian mengatakan orang yang memiliki penyakit insomnia kan terlihat 10 tahun lebih tua dari aslinya di bandingkan orang yang memiliki jam tidur normal. Karena ketika waktu tidur terganggu tubuh tidak dapat memproduksi kolagen dengan baik sehingga kulit kekurangan kolagen yang fungsinya untuk peremajaan kulit. Kurangnya kolagen ini akan menyebabkan kerutan diwajah sehingga wajah nampak lebih tua dari usia aslinya.

Demikian beberapa hal yang ditimbulkan ketika mengalami krang tidur. Usahakan untuk tetap menjaga waktu tidur yang berkualitas supaya kesehatan tetap terjaga dan wajah terlihat lebih segar dan berseri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *