Ini Alasan Mengapa Terasa Pusing Ketika Berolahraga !

 

Epicuae.com – Aktivitas fisik memerlukan banyak energi, terlebih ketika hendak olah raga. Sebelum olahraga sebaiknya tubuh diberi asupan gizi yang cukup karena olahraga memerlukan energi yang banyak untuk dikeluarkan. Apabila kekurangan nutrisi akan menyebabkan dehidrasi dan dapat menimbulkan rasa pusing.

Dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing ketika berolahraga :

1. Kadar Gula Darah Rendah

Ketika sedang berolahraga tubuh mengubah glukosa menjadi energi, untuk menunjang pembakaran energi tersebut membutuhkan banyak kandungan gula. Gula dapat diperoleh dari berbagai makanan yang mengandung karbohidrat.

Ketika tubuh kekurangan glukosa akan terjadi hipoglikemia karena tubuh tidak mampu memberikan energi yang cukup. Kekurangan energi ini akan menyebabkan rasa lemas bahkan rasa pusing ketika berolahraga maupun aktivitas lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya dua jam sebelum melakukan olahraga mengkonsumsi makanan yang bergizi supaya nutrisi dapat terpenuhi. Mengkonsumsi makanan mendekati saat olahraga juga tidak baik karena akan dikhawatirkan terjadi kram perut.

2. Dehidrasi

Rasa pusing ketika sedang berolahraga dapat disebabkan karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Ketika berolahraga mengeluarkan sejumlah cairan dalam bentuk keringat sehingga tubuh memerlukan cairan pengganti. Dan apabila ketika sebelum dan selama olahraga kurang dalam mengkonsumsi air putih maka akan terjadi dehidrasi.

Dehidrasi juga akan menyebabkan kita lemas dan rasa pusing melanda bahkan pingsan. Ciri-ciri ketika mengalami dehidrasi diantaranya mulut kering, bibir pecah-pecah, muka pucat, lemas dan pusing.

Demikian hal-hal yang menimbulkan rasa pusing ketika berolahraga. Sebaiknya untuk menghindari hal tersebut sebelum berolahraga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi supaya tubuh tetap fit ketika beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *