Masalah Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Ketiak

 

 

Epicuae.com – Area ketiak merupakan area penghasil keringat terbanyak yang harus dijaga kebersihannya, ketiak yang bersih akan membuat kita lebih nyaman dan menjadi lebih sehat.

Dikutip dari Step to Health, sering kali area ketiak mengalami ketidakseimbangan hormonal. Berikut ini tanda ketik kalian mengalami masalah :

1. Bau ketiak

Bau ketiak sering kali dialami oleh kebanyakan orang, dan hal tersebut disebabkan karena keringat yang ada pada ketiak terkontaminasi dengan bakteri sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan rajin mandi dua kali sehari dan menggunakan deodorant setiap harinya supaya keringat yang dihasilkan tidak membuat bau badan.

Tetapi, bila kalian mengalami bau yang sangat kuat dan sulit untuk dihilangkan, ini berarti kalian mengalami masalah tiroid atau perubahan hormonal. Bila bau berubah menjadi seperti buah busuk atau cat kuku yang menyengat mungkin saja berhubungan dengan ketoasidosis, yaitu keadaan penurunan kemampuan tubuh memproses gula dan dapat menyebabkan gejala diabetes.

2. Gatal

Rasa gatal pada area ketiak dapat disebabkan karena pertumbuhan bulu ketiak setelah proses pencukuran. Hal tersebut merupakan tanda adanya iritasi pada kulit atau pun reaksi dari deodorant atau krim pencukur yang digunakan. Tetapi, bila rasa gatal sulit untuk dihilangkan dan ditambah dengan gejal;a lain seperti bercak merah maka itu menandakan adanya pertumbuhan jamur pada area ketiak.

3. Ruam

Area yang hangat dan lembab dapat menyebabkan risiko terkena infeksi jamur. Hal tersebut menyebabkan adanya pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ruam yang dapat diiringi dengan rasa gatal dan kemerahan. Reaksi ini disebabkan alergi dan kelebihan panas dan untuk mengatasinya sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *