Ini Alasan Mengapa Masih Mengantuk Meskipun Sudah Minum Kopi

 

 

Epicuae.com – Hampir semua orang percaya dengan mengkonsumsi kopi dapat menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang, tetapi ternyata tidak semua orang mempunyai gen yang dapat menyerap efek kopi dengan efektif.

Sebuah penelitian dilakukan di University of Edinburgh menyatakan gen yang terdapat pada tubuh manusia sangat berpengaruh pada proses efek kopi itu sendiri. Hal tersebut dapat menunjukan tidak semua individu dapat terhindar dari kantuk hanya dengan mengkonsumsi kopi saja.

Seperti dikutip Telegraph, Dr Nicola Pirastu mengatakan jenis gen PDSS2 mempunyai peranan untuk memecah efek kafein yang terdapat pada kopi menjadi lebih lama pada tubuh. Dia juga mengungkapkan orang yang mempunyai gen tersebut akan memperoleh efek kopi yang lebih cepat tanpa harus mengkonsumsinya dengan porsi yang banyak.

“Efek kopi akan bertahan lama di dalam tubuh karena penelitian sebelumnya menunjukkan gen ini memiliki kode enzim yang dapat mengurai kafein, saat Anda meminumnya,” ungkap dr Nicola Pirastu.

Sementara itu, berbanding terbalik dengan orang yang sedikit mempunyai atau hingga tidak memiliki sedikit pun gen PDSS2, maka tubuh tidak akan maksimal dalam memecah kafein. Meskipun demikian, tidak berarti harus menambah mengkonsumsi lebih banyak kopi supaya mendapat efek kafeinnya.

‚ÄúSetiap makanan atau minuman pasti punya pengaruh baik dan buruk. Khusus untuk kopi, pengaruh buruknya sangat bervariasi pada setiap orang. Jadi konsumsi kopi dengan bijak,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *