Bisakah Pasta Gigi Digunakan Untuk Alat Tes Kehamilan ?

 

 

Epicuae.com – Supaya dapat mengetahui kehamilan, pada umumnya wanita akan memakai alat tes kehamilan (test pack). Tetapi, bersamaan dengan berbagai inovasi yang berkembang, banyak orang yang mencari cara mudah untuk mendeteksi kehamilan, seperti menggunakan pasta gigi.

Dikutip dari situs Independent, beberapa tutorial terkait cara memeriksa kehamilan dengan memakai pasta gigi. Dalam video tutorial tersebut memperlihatkan bahwa pasta gigi dapat menunjukkan hasil pengecekan hanya dalam tiga menit.

Hasil pemeriksaan ditentukan dengan melihat perubahan pada warna serta tekstur yang terjadi pada pasta gigi sebagai reaksi pada HCG yaitu hormon peptida yang ada pada masa kehamilan.

Meskipun kinerja pasta gigi sama dengan test pack atau alat tes kehamilan yaitu dengan melihat kadar HCG tetapi seorang konsultan ginekologi menyatakan bahwa teori tersebut tidaklah logis.

“Tidak ada dasar ilmiah untuk mendeteksi kehamilan dengan mencampur urine dengan pasta gigi,” ungkap Dr. Alex Eskander.

Dr. Alex Eskander mengatakan alat tes kehamilan modern akan mengetahui apakah dalam urine terkandung hormon chorionic gonadotropin (HCG) atau tidak.

“Beberapa tes kehamilan sensitif bisa memberi hasil positif sejak 12 hari setelah pembuahan,” tambahnya.

Menurutnya bila ingin mendeteksi kehamilan sebaiknya melakukan pengecekan pada waktu dari tiga sampai lima hari setelah telat datang bulan menggunakan alat tes kehamilan bukan menggunakan pasta gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *