Pasien Demam Berdarah Butuhkan Cairan Elektrolit Lebih Banyak

 

 

Epicuae.com – Pasien yang mengalami penyakit demam berdarah degue (DBD) maka perlu diberi cairan elektrolit yang lebih banyak untuk kembali mengembalikan cairan tubuhnya yang hilang. Kandungan gula serta elektrolit pada cairan tersebut akan membantu menggantikan ion tubuh yang hilang akibat terjadinya kebocoran plasma.

Pasien yang terkena DBD akan mengalami infeksi yaitu berupa bocornya plasma pemburuh darah dan plasma tersebut mengandung banyak cairan.

“Cairan plasma yang bocor akan menyebabkan komponen darah menjadi pekat” ungkap dr. Leonard Nainggolan, SpPD, KPTI (Fluid Therapy for Dengue) di Century Park Hotel Senayan, Jakarta.

Tidak hanya itu, cairan plasma darah yang mengalami kebocoran akan tersebar pada jaringan tubuh yang berada disekitarnya. Hal tersebut akan membahayakan karena dapat menyebabkan kematian pada orang tersebut.

Dan untuk menggantikan serta memperbaiki plasma darah yang mengalami kebocoran maka pasien lebih banyak membutuhkan cairan elektrolit untuk tubuhnya. Karena cairan elektrolit hampir mirip dengan kandungan yang terdapat pada cairan plasma pembuluh darah dalam tubuh.

Sebagai pengganti cairan plasma darah yang bocor, dampak cairan elektrolit ini akan sangat besar bagi tubuh. Elektrolit dapat membantu tubuh untuk mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh. Ketika glukosa diserap oleh tubuh maka elektrolit akan membantu dengan mengedarkan air ke seluruh tubuh dan kandungan air dari zat makanan ini akan lebih banyak diserap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *