Tidak Baik Memanaskan Sup Berkali-kali, Ini Penjelasannya

Epicuae.com – Ketika kita memasak ada kalanya masakan itu masih tersisa banyak, dan agar tidak basi kita menaruhnya dikulkas dan ketika kita ingin memakannya lagi tinggal dipanaskan lagi. Sebagai contoh adalah sup, biasanya sup yang tersisa akan ditaruh kulkas dan dipanaskan lagi saat ingin makan.

Tidak banyak orang yang tau, sebenarnya memanaskan sup berkali-kali dalah bukan tindakan yang baik. Hal ini dikarenakan sup yang terdiri dari sayuh dan buah akan berkurang kandungan gizinya.

“Sup yang dipanaskan berkali-kali akan membuat kandungan serat dan vitamin hancur. Jangankan sup, bayam saja kurang baik juga dipanaskan berkali-kali,” ungkap Konsultan Gastrohepatologi Anak, Frieda Handayani Kawanto dalam acara “Konferensi Pers Penutupan Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat Anak 2017” di Bunga Rampai Restaurant, Jakarta.

Frieda Handayani juga memberi saran dalam pemilihan jenis buah dan sayur yang ingin dimasak sebagai sup. Menurut Frieda ada beberapa makanan yang baik dimakan mentah dan baik dimakan dengan dimasak terlebih dahulu.

Seperti tomat yang memilik kandungan likopen, buah tomat tidak baik dimakan saat kondisi mentah, lebih baik tomat di panaskan atau direbus selama dua menitan hal ini akan membuat kandungan likopen pada tomat semakin kuat dan berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh kita.

Kendati demikian, mamasak tomat terlalu lama juga akan mengurangi kandungan vitamin c yang terkandung didalam buah tomat.

“Ini memang sudah rumusnya. Kalau tomat dipanaskan, kandungan vitamin C-nya menurun. Maka, harus pintar memilih (dan mengolah) makanan. Kalau ingin dapat vitamin C dari tomat. Cukup bersihkan tomat, rebus 1 menit agar vitamin C tidak terurai,” kata Frieda.

Beda dengan brokoli yang memeng harus dipanaskan atau direbus selama 1-2 menitan, hal ini diperlukan untuk menjaga keutuhan serat yang dimiliki oleh brokoli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *