Selain Brokoli, Ini 6 Makanan Sehat Yang Baik Untuk Paru-Paru

Epicuae.com – Paru-paru merupakan organ yang sangat penting karena organ ini berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Dan berfungsinya untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Jadi sudah dipastikan jika kita wajib melindungi paru-paru kita.

Menghindari asap rokok atau tidak merokok merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru kita yang sangat dianjurkan, namunternyata ada cara lagi yang juga bisa untuk menjaga kesehatan paru-paru. Yaitu dengan memakan sejumlah makanan yang mengandung serat tinggi.

Hal ini ditemukan pada penelitian ditahun 2016, bahwa dengan mengkonsumsi makanan berserat mampu meningkatkan fungsi paru-paru dan terhindar dari risiko masalah yang lebih kronis, seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Menurut dari studi ini jika kita mengkonsumsi banyak makanan berserat bakteri baik akan mencerna serat pada usus, dan mereka akan memproduksi hasil tambahan yang kuat dan bisa mengurangi inflamasi pada paru-paru.

Dan berikut sejumlah makanan yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru kita, dan makanan ini sudah di uji tentang menfaatnya bagi tubuh terutama paru-paru.

1. Kacang polong

2. Brokoli

3. Biji kapri

4. Buah beri (stroberi, bluberi, blackberi, dan yang lainnya)

5. Almon

6. Lentil

7. Artichoke

Selain dari ketujuh makanan tersebut, penelitian yang dilakukan oleh Jaclyn London, MS, RD, CDN, seorang Direktur Nutrisi pada Good Housekeeping Institute
ditahun 2017 juga menemukan jika makanan dengan kandungan vitamin C juga bisa membantu.

“Apel, pisang, dan tomat merupakan buah yang penuh akan vitamin C dengan kandungan proteksi sel, ditambah fitonutrient lainnya seperti vitamin dan mineral-yang dikaitkan dengan kemampuan mengembalikan fungsi paru bagi para mantan perokok,” tutur Jaclyn London, MS, RD, CDN, seorang Direktur Nutrisi pada Good Housekeeping Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *