Kadar Kalori Rendah Dalam Tubuh Bisa Berdampak Buruk

Epicuae.com – Memiliki kadar kalori tinggi tentu akan memiliki dampak buruk bagi berat badan kita, bahkan banyak orang yang berkeinginan untuk menjaga berat badan mereka lalu sengaja membatasi konsumsi karbohidrat dan mengurangi lemak demi mengurangi kadar kalori dalam tubuhnya. Namun, ternyata memiliki kadar kalori yang rendah juga akan memberikan efek buruk bagi tubuh kita.

Pernyataan yang diambil dalam laman boldsky mengatakan apa saja dampak buruk yang terjadi pada tubuh kita jika kadar kalori kita rendah. Berikut penjelasannya.

1. Merasa lelah sepanjang hari

Tidak banyak orang yang mengetahui jika kalori adalah sebuah energi panas, namun banyak orang yang salah dengan mengira bahwa kalori itu adalah lemak yang tidak baik untuk berat badan. Seperti yang diketahui proses metabolisme tubuh juga ada pengaruh dari energi panas jadi jika kita kekurangan kalori tentu akan membuat tubuh merasa lemas, dan Anda pun menjadi tidak bergairah sepanjang hari.

2. Merasa dingin sepanjang waktu

Saat cuaca sedang panas dan orang disekitar anda merasa kepanasan, namun anda malah merasa kedinginan kemungkinan anda kekurangan kadar kalori didalam tubuh. Kekurangan kalori akan berdampak pada menurunnya produksi hormon tiroid T3 yang berfungsi sebagai penjaga atau pengatur suhu tubuh.

3. Sulit fokus pada pekerjaan

Kalori cukup dibutuhkan untuk otak kita, diketahui jika otak kita membutuhkan kadar kalori sebanyak 20%, dan jika tubuh kita tidak mendapat asupan kalori yang cukup untuk otak tentu akan membuat tubuh mudah goyang, sulit berkonsentrasi, bahkan yang lebih parah, dapat menyebabkan hilang ingatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *