Menggunakan Cotton Buds Untuk Memberishkan Telinga Ternyata Salah, Ini Yang Benar

Epicuae.com – Telinga adalah salah satu panca indra yang penting keberadaannya, telinga berfungsi untuk membantu kita bisa mendengar apa yang diucapkan oleh lawan bicara.

Namun, karena beberapa hal seperti karena terlalu bising atau karena kotoran telinga yang biasanya menumpuk kita terkadang merasa kesulitan mendengar perkataan seseorang.

Terkait ganguan pendengaran karena kotoran telinga, sebenarnya sudah menjadi kewajiban kita untuk manjaga kebersihan telinga, umumnya orang membersihkan kotoran telinga dengan menggunakan cotton buds tetapi apakah ada yang tahu jika membersihkan dengan cotton buds itu salah?

Dalam melakukan perawatan telinga terutama membersihkan kotoran sebenarnya kita disarankan untuk meminta bantuan tim profesional untuk mengeluarkan kotoran telinga yang mungkin saja sudah menumpuk tanpa kita sadari.

Membahas tentang perawatan telinga, seorang dokter ahli telinga berbasis di Inggris, Dr Neel Raithatha mengatakan ketika ingin mengeluarkan kotoran pada telinga sebaiknya jangan menggunakan cotton buds.

Dr Neel Raithatha menilai jika kerja sebenarnya dari cotton buds bukanlah mengeluarkan kotoran dari telinga melainkan malah mendoroang masuk ke saluran
telinga lebih dalam.

“Cotton buds juga dapat menggores dinding saluran telinga. Dampak buruknya, bisa-bisa melubangi gendang telinga,” tutur Neel seperti dikutip dari situs Daily Mail.

Senada dengan Dr Neel Raithatha, seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Puri Indah dan Rumah Sakit Pondok Indah, Dr Agus Subagio SpTHT juga mengatakan jika membersihkan telinga dengan cotton buds merupakan cara yang salah, karena cotton buds henya mengambil sedikit kotoran dan sebagian besar terdorong sehingga sulit keluar serta memadat.

“Juga kemungkinan terjadi trauma kecil dan besar. Liang telinga lecet saja bisa nyeri sekali karena liang telinga tidak ada jaringan lemak di bawahnya,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *