Begini Cara Menjaga Asupan Serat Pada Anak

Epicuae.com – Serat merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk semua usia, termasuk anak-anak. Serat sendiri berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan membantu proses metabolisme.

Namun, untuk anak-anak biasanya sangat susah untuk mengkonsumsi buah atau sayuran yang memiliki kandungan serat, anak-anak sekarang lebih suka makanan yang terlalu banyak mengandung penyedap.

Lantas bagaimana menjaga asupan serat pada anak? Salah satu pakar kesehatan bernama Maryann Tomovich memberikan beberapa tips untuk menjaga asupan serat anak.

1. Memilih buah dan sayur yang segar

Buah dan sayur yang memiliki kandungan air banyak merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Buah dan sayur yang memberikan sensasi segar dan berair di mulut akan sangat disukai anak.

Beberapa buah dan sayur tersebut diantaranya tomat, semangka atau jambu. Hal ini juga untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayur pada anak. Kita bisa mengolahnya menjadi jus atau saus tomat alami.

2. Sediakan kacang-kacangan

Selain buah dan sayur, kacang-kacangan juga merupakan bahan dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Jadikan kacang-kacangan sebagai salah satu camilan harian atau tambahkan olahan kacang, misalnya selai kacang pada camilan kesukaannya misalnya biskuit.

3. Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang menarik

Usahakan untuk membuat anak tertarik dengan olahan buah dan sayur. Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat bentuk wajah di atas piring atau mangkuk anak. Buat hiasan dari bahan baku buah dan sayur untuk bekal anak. Hal ini akan membuat anak menyukai dan terbiasa mengonsumsi makanan tinggi serat sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *