Sedang Progam Pembentukan Otot? Perhatikan3 Hal Berikut

Epicuae.com – Memiliki badan ideal dengan otot yang bagus tentu menjadi impian para pria , selain memiliki penampilan yang bagus rasa percaya diri juga akan meningkat ketika bertemu orang lain.

Namun, terkadang proses pembetukan otot ini sering tergangu karena minimnya pengetahun terkait pengaturan untuk asupan gizi bagi pria yang sedamh fokis membentuk otot.

Pakar kesehatan dan dietitian dari Academy of Nutrition and Dietetics, Taylor Wolfram mengatakan jika dengan melakukan latihan fisik dan pengaturan asupan gizi yang benar maka memiliki otot yang bagus bukanlah sebuah mimpi lagi.

Dan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengaturan asupan gizi.

1. Lemak dalam pembentukan otot

Bagi para pria yang sedang melakukan pembentukan otot sangat dianjurkan untuk mengonsumsi satu sendok minyak zaitun dan satu sendok minyak dari kacang atau biji-bijian dalam satu hari, hal ini karena lemak dianjurkan dikonsumsi untuk memenuhi 20% kebutuhan energi tubuh yang berguna untuk mendukung pembentukan otot

2. Karbohidrat dalam pembentukan otot

Dalam mengkonsumsi makanan berkarbohidrat pastikan yang mampu mengurangi asupan lemak, yaitu karbohidrat tinggi serat. Hal ini karena kabrohidrat menempati 45% kebutuhan harian tubuh untuk membentuk otot.

3. Pembentukan otot dan protein

Protein menjadi zat gizi yang paling penting dalam pembentukan otot. Asupan protein selama pembentukan otot dianjurkan dikonsumsi hingga 35% dari kebutuhan total harian tubuh.

Sehingga dalam 1 pound berat badan orang diperlukan asupan protein sebesar 0,37 gram per poundnya atau 0,8 gram protein tiap 1-1,5 kilogram berat badan.

Namun protein yang dipilih tidak boleh sembarangan agar asupan lemak tidak berlebihan. Protein yang rendah lemak akan jauh lebih baik dalam membentuk otot.

Sebagai contoh, orang dewasa dengan berat badan 68 kilogram membutuhkan 56 gram protein yang diperoleh dari 1 butir telur rebus (6 gram protein), 1 porsi susu skim (8 gram protein), dua sendok makan selai kacang (8 gram protein), 1-2 potong sedang daging unggas panggang tanpa kulit (26 gram) dan 2-3 potong sedang tahu rebus/kukus (8 gram protein).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *