Jangan Langsung Mandi Sehabis Olahraga! Ini Dampak Negatifnya

Epicuae.com – Olahraga adalah kegiatan untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Ketika seseorang melakukan olahraga maka akan keluar keringat yang terasa risih menempel dikulit.

Karena hal tersebut beberapa orang memilih langsung mandi setelah berolahraga guna menghilangkan rasa gerah dan lelah sehabis berolahraga. Lantas apakah hal tersebut tidak menimbulkan efek apapun?

Dikatakan oleh seorang pakar olahraga jika mandi setelah olahraga adalah hal yang salah karena dapat memberikan efek buruk pada tubuh dan kesehatan.

Berikut penjelasan dan beberapa dampak kesehatan dari mandi setelah berolahraga.

1. Kelenjar keringat tak berfungsi baik

Sudah sewajarnya jika keringat akan keluar jika kita berolahraga, hal ini dikerenakan pori kulit akan terbuka lebar ketika berolahraga. Ketika pori kulit yang masih terbuka dan langsung mandi maka fungsi kelenjar keringat akan tidak maksimal. Biarkan suhu tubuh menurun dengan normal dan alami hingga pori kulit menutup sendiri.

2. Nyeri sendi

Ketika berolahraga maka suhu tubuh akan meningkat dan setelahnya juga memerlukan waktu untuk pendinginan guna membuat suhu tubuh kembali normal, jadi saat tubuh masih dalam keadaan panas lalu mandi yang memberikan efek dingin bisa memicu adanya nyeri sendi akibat reumatik.

3. Mudah sakit flu

Jika Anda memakai air dingin untuk mandi usai olahraga, maka tubuh akan mudah mengalami flu. Ini karena suhu tubuh yang mengalami penurunan drastis, padahal saat olahraga panas tubuh sedang naik. Jika ingin mandi maka tunggu sekira 30 menit – 1 jam dan gunakan air hangat.

4. Risiko sakit jantung

Ini salah satu masalah serius, kenapa bisa terjadi?. Hal tersebut bisa saja terjadi karana mandi usai olahraga bisa membuat organ tubuh seperti jantung yang sedang dalam kondisi kencang sehabis olahraga akan mengalami shock. Tunggulah hingga detak jantung normal kembali, baru mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *