Begini Cara Mengatasi Mata Iritasi Akibat Lensa Kontak

Epicuae.com – Lensa kontak sudah menjadi salah satu bagian dari fashion dalam beberapa tahun terakhir ini, selain untuk bergaya penggunaan lensa kontak juga dapat membantu orang dengan masalah mata seperti minus atau plus dan lainnya.

Menggunakan lensa kontak mungkin akan membantu kita, akan tetapi jika durasi pemakaiannya terlalu lama maka dapat menimbulkan beberapa efek buruk seperti
iritasi mata, infeksi dan juga mata kering.

Jika iritasi, maka mata akan menjadi merah, gatal, serta mengeluarkan cairan lengket yang sering disebut belek. Tentu sangat mengganggu penampilan dan kesehatan mata sendiri jika sudah terjadi masalah demikian.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Kompres

Ketika mata mengalami iritasi, maka akan muncul rasa panas dan gatal di mata. Jika hal tersebut muncul janganlah coba-coba untuk menggaruknya. Kurangilah rasa gatal tersebut dengan mengompres. Gunakan air hangat, dan sering ganti agar kondisi makin baik. Bisa juga dikompres memakai mentimun yang dipotong melebar.

2. Obat tetes

Pada iritasi mata yang parah seperti menjadi merah, gatal, serta mengeluarkan cairan lengket yang sering disebut belek, cobalah untuk mengatasinya dengan obat tetes mata.

3. Stop pakai lensa kontak

Sementara dalam pengobatan, hentikan memakai lensa kontak tersebut. Pakai kacamata saja dahulu agar iritasi sembuh. Jika Anda paksakan memakai lensa kontak, maka dapat bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *