Beberapa Faktor Ini Dapat Turunkan Kepintaran

Epicuae.com – Di dunia ini tidak ada manusia yang terlahir bodoh, semua sudah diberikan kepintaran masing-masing. Namun, beberapa orang malas menggunakannya dan akhirnya menjadi terlihat kurang mampu dalam hal berpikir.

Namun, ada juga orang yang memang pintar dalam hal merencanakan, nalar, memecahkan masalah, memahami gagasan, serta berbahasa dan belajar terkadang seiring waktu akan kehilangan hal tersebut.

Faktor umumnya mungkin adalah kemalasan, akan tetapi beberapa hal lain juga dapat membuat kepintaran kita pudar dan merosot. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kepintaran menurun:

1. Kurang asupan protein

Perkembangan otak akan menjadi lebih baik jika tubuh kita mendapatkan cukup asupan makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan yang memiliki protein dan juga vitamin B dipercaya dapat menunjang fungsi memori dan fungsi intelektual lainnya.

2. Merokok

Merokok adalah hal yang banyak sekali menimbulkan kerugian pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah pada kesehatan otak. Pada asap rokok terdapat karbon monoksida yang bisa menyingkirkan level oksigen yang diserap oleh paru-paru menuju otak.

3. Stres

Stres dapat mengganggu fungsi otak, juga menurunkan tingkat IQ. Produksi atau sekresi hormon stres dalam tubuh salah satu penyebab risiko terjadinya Alzheimer, penyakit yang menyerang otak.

4. Makanan manis

Menikmati makanan manis memang menyenangkan, akan tetapi makanan yang memiliki kadar glukosa atau gula yang tinggi sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi oleh remaja dan kanak-kanak yang sedang masa perkembangan kognitifnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *